Jumat, 06 Januari 2012

Bangsa Ini Selalu Memulai Dari Nol

[segerabangkit]
Pendidikan Jalan Utama Menuju Kebangkitan Bangsa - Kemerdekaan mengantarkan Indonesia menjadi bangsa yang mandiri dan negara yang berdaulat, menciptakan kebebasan untuk menentukan haluan berbangsa dan bernegara dalam mencapai cita-citanya. Kini negara dan bangsa Indonesia telah memasuki kemerdekaan tahun ke-67. Pimpinan pemerintahan telah berputar dalam enam giliran, dari yang berjangka waktu panjang maupun singkat. Pencapaian demi pencapaian telah dicapai oleh setiap pemerintahan yang memerintah.
Ada satu yang patut dijadikan catatan khusus bagi bangsa Indonesia, bahwa pergantian kekuasaan tidak selamanya membawa kemajuan yang diinginkan bersama. Hal ini disebabkan oleh sikap yang terkandung dalam pergantian pemerintahan tersebut diwarnai oleh kebencian yang sangat dominan di antara satu dengan lainnya. Sehingga, apa pun pencapaian yang telah dilaksanakan oleh pendahulunya dianggap menjadi sesuatu yang tidak berguna sama sekali.
Bukannya hasil-hasil pencapaian tersebut diperbaiki dan dilanjutkan sehingga dapat menjadi satu mata rantai yang sambung menyambung yang mampu memperkokoh kemajuan masa depan bangsa dan negara. Yang terjadi justru sebaliknya dipotong-potong menjadi tidak ada kaitan sama sekali dan terus dikondisikan untuk tidak berkaitan sama sekali.
Perpindahan kekuasaan dari Belanda, semua produk Belanda yang masih relevan tidak dilanjutkan oleh penggantinya hanya karena Belanda adalah penjajah, sekalipun produk hukumnya masih terus mendominasi hukum positif yang berlaku di negeri ini. Juga apa yang telah dihasilkan oleh pemerintah Soekarno tidak menyambung dengan pemerintahan Soeharto dan seterusnya produk pencapaian Soeharto dianggap tidak tepat sama sekali oleh penerusnya, dan begitu selanjutnya. Sehingga apa yang terjadi pada setiap pergantian pemerintahan di Indonesia ini selalu memulai segala sesuatunya dari nol. Dan yang paling terasa dari akibat pergantian politik yang penuh kebencian itu adalah nasib pendidikan nasional yang menjadi ikut tidak menentu.
Kemerdekaan juga mengantarkan Indonesia kepada pergaulan antarbangsa yang lebih luas. Indonesia memasuki percaturan politik antarbangsa dan meletakkan diri pada jajaran gerakan negara-negara non-blok. Dan, dalam percaturan politik antarbangsa belakangan ini, Indonesia tidak banyak tampil berkesan, disebabkan berbagai krisis yang melanda di dalam negeri, baik ekonomi, keamanan, dan lain-lain (multidimensi). Daya saing sumber daya manusianya pun belum dapat diandalkan, memandangkan kualitas pendidikan yang dimiliki masih terus menjadi bahan diskusi. Semua itu merupakan pengalaman yang tidak mengenakkan namun harus dapat dijadikan pendorong untuk maju ke depan.

0 comments:

To Use A Smiley In Your Comment, Simply Add The Characters Beside Your Choosen Smiley To The Comment: :)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar